Pengenalan Mikro Kontroller berbasis Arduino Kepada Siswa Siswi SMA Muhammadiyah 4 Songgon Banyuwangi

Hari Sabtu tanggal 27 Mei 2022, Tim Dosen dan Mahasiswa ITBM Banyuwangi mengadakan pengenalan mikro controller berbasis Arduino kepada Siswa Siswi SMA Muhammadiyah 4 Songgon. Hal ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang dunia keteknikan terutama dibidang Teknik Industri.

Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Banyuwangi memiliki 3 program studi yaitu, Teknik Kimia, Agribisnis dan Teknik Industri. Pada program studi Teknik Industri terdapat mata kuliah mekatronika yang salah satu materinya adalah mikrokontroller. Mikrokontroler adalah sebuah komputer kecil yang dikemas dalam bentuk chip IC (Integrated Circuit) dan dirancang untuk melakukan tugas atau operasi tertentu. Pada dasarnya, sebuah IC Mikrokontroler terdiri dari satu atau lebih Inti Prosesor (CPU), Memori (RAM dan ROM) serta perangkat INPUT dan OUTPUT yang dapat deprogram sesuai dengan keinginan kita. Dengan menggunakan Arduino kita dapat membuat alat ukur untuk mengukur temperature, kelembapan, jarak, bahkan mematikan dan menyalakan lampu rumah dengan smartphone yang kita miliki.

Pelatihan mikro kontroler yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 4 Songgon menggunakan simulasi dan praktik langsung. Simulasi dilakukan online dengan wokwi.com, sedangkan praktik langsung dilakukan dengan membuat kran wudhu otomatis. Peralatan utama yang digunakan untuk pembuatan kran wudhu otomatis adalah sensor jarak (ultrasonic), Arduino mega, dan solenoid valve.

Pengenalan salah satu matakuliah yang menyenangkan di Teknik Industri diharapkan dapat membuka wawasan siswa siswi SMA Muhammadiyah 4 songgon. Diharapkan juga siswa siswi SMA Muhammadiyah 4 songgon juga tertarik untuk melanjutkan kuliah dibidang Teknik Industri.

Pewarta: S. Pambudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *