Mengawali Pembelajaran (TA 2020/2021) dengan Kunjungan Industri

BANYUWANGI, (29/08) Mengawali proses pembelajaran tahun akademik 2020/2021, seluruh mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Banyuwangi menggelar Kunjungan Industri di Indusri Gula Glenmore (IGG) dan pabrik pengolahan kakao di Dusun Kakao. Kegiatan ini dimaksudkan agar seluruh mahasiswa yang terdiri dari 3 Program Studi (Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Agribisnis) memiliki gambaran terhadap ruang lingkup ilmu pengetahuan yang nantinya akan dipelajari dalam perkuliahan. Kegiatan kunjungan ini juga merupakan bagian dari serangkaian acara Forum Ta’aruf Mahasiswa Baru (FORTAMARU) yang sebelumnya sudah digelar selama 4 kali.

Kunjungan Industri merupakan langkah awal kami dalam menyambut mahasiswa, mempersiapkan, dan memberi gambaran ke mahasiswa bagaimana prospek ke depan bagi setiap mahasiswa di 3 prodi tersebut. Jarang-jarang kampus memberikan pelayanan semacam ini bagi mahasiswa baru, biasanya kunjungan industri dilaksanakan di smester 5. hanya di ITBM Banyuwangi mahasiswa baru diajak melihat industri sebelum mereka belajar di kelas, tutur Rektor ITBM Banyuwangi (Nawachid, M.Pd.).

Kunjungan diawali dengan melihat proses pengolahan kakao di Dusoen Kakao, PTPN XII mulai dari tahap Fermentasi, Pengeringan, Sortasi, Pengolahan, hingga biji kakao siap untuk di ekspor. Seluruh mahasiswa juga diajak mencicipi produk olahan kakao. mereka sangat antusia dan tertarik untuk pengembangan kakao di kemudian hari. Kemudian dilanjut menuju Industri Gula Glenmore guna melihat proses produksi gula. mahasiswa diajak keliling IGG mulai dari tahap penimbangan, pencucian tebu, penggilingan, pemurnian, penguapan, kristalisasi, penghilangan warna, hingga pendinginan. Seluruh kegiatan ini dilakukan tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga pihak management IGG memfasilitasi kami dengan baik. Tentunya kegiatan ini akan terus kami sinergikan sehingga terjalin kerjasama yang baik antara pihak industri dengan ITBM Banyuwangi.

Proses Pengeringan Biji Kakao
Kerjasama ITBM dengan Management Pabrik Pengolahan Kakao
Sharing dan diskusi bersama pihak IGG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *