Mahasiswa Agribisnis ITBM Banyuwangi melakukan Fieldtrip di Agrowisata Nagasvarna, Glenmore. Banyuwangi.

Sabtu (11/06/2022) Mahasiswa Program Studi Agribisnis Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Banyuwangi melakukan kunjungan lapangan (Fieldtrip) ke Agrowisata Naga Svarta, Glenmore, Banyuwangi. Rombongan ini dipimpin oleh Supriadi. S.P., M.M.A selaku dosen pengampu matakuliah Manajemen Agrowisata, dan didampingi oleh 4 orang dosen pembimbing lainnya. Pada kesempatan ini, Owner dan Pengelola Agrowisata Naga_Svarta Ibu Wiwik Vianingsih dalam sambutannya menyatakan bahwa Agrowisata Naga Svarta didirikan pada tahun 2014 menjadi sarana edukasi yang berfungsi sebagai media transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagi informasi terkait varietas dan penelitian buah naga, serta beberapa varietas tanaman lainnya.

Kegiatan Fieldtrip ini merupakan agenda wajib bagi setiap mahasiswa Program Studi Agribisnis ITBM Banyuwangi yang mengambil matakuliah Manajemen Agrowisata, tujuannya untuk mengkombinasikan teori yang didapat di perkuliahan dengan realita yang ada di lapangan. Setelah memperoleh teori di dalam kelas, mahasiswa kemudian melihat kenyataan di lapangan,” kata Kaprodi Agribisnis Azwar Annas. S.E., M.Sc., M.Si.

Di lokasi fieldtrip, mahasiswa Agribisnis ITBM Banyuwangi memperoleh materi aspek teknis dan manajemen agrowisata, kemudian observasi langsung di lapang dengan mengamati kebun buah naga, kelengkeng, jambu kristal, dan markisa. Selain itu mahasiswa juga praktek langsung pengolahan markisa menjadi sirup markisa untuk meningkatkan nilai tambah produk. Manfaat kegiatan fieldtrip ini untuk merangsang minat mahasiswa, memberikan pengertian lebih jelas terhadap manajemen agrowisata yang berkelanjutan, mendorong mahasiswa mengenal lingkungan lebih baik, melatih mahasiswa bersikap objektif dan terbuka terhadap lingkungan, memperluas wawasan dan informasi, meningkatkan kemampuan hidup bermasyarakat, memberikan pengalaman nyata, menanamkan sikap menghargai karya dan jasa orang lain, serta meningkatkan pembendaharaan kata dan pengetahuan mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *