LazisMU JATIM Terima 10 Buah Perahu Fiber Buatan ITBM Banyuwangi dan KUB Baruna Jaya Sumberasri Banyuwangi

24 Agustus 2021
Sumberasri, Purwoharjo, Banyuwangi

Sebanyak 10 buah perahu fiber pesanan Lazismu Jatim berhasil dibuat karena kolaborasi dan kerjasama dua pihak yaitu antara ITBM Banyuwangi dan KUB Baruna Jaya. Menurut Ketua Badan Pembina Harian ITBM Banyuwangi Musa Al-Hady, pihak ITBM Banyuwangi (dalam hal ini diwakili oleh tim dosen dan mahasiswa Teknik Industri) berperan serta dalam hal pembuatan desain perahu fiber tersebut. Selain itu, kami juga mengirimkan mahasiswa untuk langsung terjun dalam proses fabrikasi perahu fiber ini. Kami dari pihak ITBM Banyuwangi berharap bahwa keterlibatan mahasiswa tersebut dapat menambah softskill, pengetahuan, dan kreativitas untuk bekal di masa depan nanti. Hal ini selaras dengan program mas menteri tentang kampus merdeka.

Hal teknis tentang perahu dipaparkan oleh Kepala LPPM ITBM Banyuwangi yaitu Dr. Ir. Mochamad Asrofi yang juga merupakan tim pimpinan projek Desain perahu fiber. Untuk jenis perahu yang dibuat dikategorikan sebagai perahu fiber. Perahu fiiber ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya strukturnya ringan dan kuat daripada bahan yg berasal dari kayu, tahan korosi dan biaya perawatan cukup murah. Perahu ini dibuat dengan perpaduan matriks resin Polyester dan kombinasi penguat fiberglass mat dan fiberglass woven roving. Total lapisan saat fabrikasi 6 lapis. Pembuatan perahu ini menggunakan metode hand lay up. Untuk Dimensi, perahu ini mempunyai panjang utama 7,3 meter, Lebar maksimum 1,4 meter, tinggi geladak depan 0,69 meter dan tinggi geladak belakang 0,45 meter. Kapasitas penumpang maksimum yg disarankan berjumlah 7-8 orang.

Sementara itu, Zainul Muslimin selaku Ketua Lazismu Zatim bersyukur dan mengapresiasi hasil karya kolaborasi antara ITBM Banyuwangi dengan KUB Baruna Jaya. Rencana, perahu ini digunakan untuk wisata dan mitigasi bencana. Perahu tersebut nantinya dikirim ke berbagai daerah di Indonesia seperti pulau Bawean, Kalimantan dan Buleleng Bali.

Sebagai penutup, Kami (Ketua BPH dan Kepala LPPM) ITBM Banyuwangi selaku pihak akademisi berharap pada pihak mitra dalam hal ini KUB Baruna Jaya agar selalu meningkatkan reputasinya dan terus eksis di bidang pembuatan perahu khusunya daerah Banyuwangi Selatan. Hal tersebut mungkin dapat diartikan dengan mencoba memulai usaha produksi perahu, membuat pelatihan pembuatan perahu dan menyediakan jasa-jasa layanan lain seperti penyewaan perahu. Untuk ke depan, kami juga berharap agar kolaborasi dan kerjasama ini tetap terjaga dan tidak menutup kemungkinan ada program kerjasama lainnya. Tujuannya satu yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya daerah Banyuwangi.

Kontributor: Dr. Ir. Mochamad Asrofi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *